Jumat, 14 Oktober 2011

BANJIR -_____-


Banjirrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr
Semua orang pasti gak ada yang mau mengalaminya. KENAPA ?
Plis deh kalo banjir itu repotnyaaaaaaa setengah mati !
Kita jadi gak bisa melakukan aktifitas dengan nyaman apalagi banjir itu bisa bikin daerah yang terkenanya itu menjadi lumpuh! Dan gak ada kegiatan yang bisa dilakukan selain berfikir gimana caranya agar cepat surut. Ya kan ?
Sebenernya kenapa sih banjir itu bisa terjadi ?
Pada dasarnya banjir itu disebabkan oleh luapan aliran air yang terjadi pada saluran atau sungai. Bisa terjadi dimana saja, ditempat yang tinggi maupun tempat yg rendah.
Pada saat air jatuh kepermukaan bumi dalam bentuk hujan (presipitasi), maka air itu akan mengalir ketempat yang lebih rendah melalui saluran2 atau sugai2 dalam bentuk aliran permukaan (run off) sebagian akan masuk/meresap kedalam tanah (infiltrasi) dan sebagiannya lagi akan menguap keudara (evapotranspirasi).
Sebenarnya banjir merupakan peristiwa yang alami pada daerah dataran abnjir, mengapa bisa alami??? Karena dataran banjir terbentuk akibat dari peristiwa banjir. Dataran banjir merupakan derah yang terbentuk akibat dari sedimentasi (pengendapan) banjir. Saat banjir terjadi, tidak hanya air yang di bawa tapi juga tanah2 yang berasal dari hilir aliran sungai. Dataran banjir biasanya terbentuk di daerah pertemuan2 sungai. Akibat dari peristiwa sedimentasi ini, dataran banjir merupakan daerah yg subur bagi pertanian, mempunyai air tanah yang dangkal sehingga cocok sekali bagi pemukiman dan perkotaan.
Tapi banjir bisa juga terjadi karna banyak yang buang sampah sembarangan sehingga menyubat saluran saluran air.yah sebenernya fakor manusianya juga si  :)
Kita tengok deh peristiwa menyedihkan seperti ini



Nah pasti kita gak mau kan kalo hal itu terjadi sama kita ???
Jika itu terjadi di lingkungan saya,hal yang akan saya lakukan adalah mengajak semua warga untuk bergotong royong membersihkan dan berusaha agar air surut, lalu menghimbau kepada semua warga tentang bagaimana sih cara pencegahan banjir ?
Dan pastinya saya akan mengajak mereka untuk tidak membuang sampah sembarangan lagi dan untuk sering sering membersihkan lingkungan sekitar dari sampah agar tidak ada penyumbatan pada saluran air.
Dan pastinya saya akan meberi bantuan dan mengajak sodara sodara yang tidak terkena musibah banjir untuk membantu mendirikan posko posko atau tempat pengungsian yang layak dan memberi bantuan seperti pakaian , makanan , obat-obatan dan barang-barang lain yang diperlukan. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar